DESAIN ALAT PEMBUATAN KOTAK KARDUS YANG ERGONOMIS BERDASARKAN UKURAN ANTROPOMETRI

Deny Utomo *)

  • admin wbmaster

Abstract

                Pembuatan kotak kardus dengan bahan kardus merupakan yang bisa dijadikan usaha rumahan yang berprospek cerah namun pada umumnya saat ini  cara potongannya masih banyak yang menggunakan cara manual yaitu memakai pisau cutter dan mal kotak kardus, dimana alat ini mempunyai banyak kekurangan, antara lain hasil potongan dan kapasitasnya sedikit, sehingga untuk memenuhi kebutuhan konsumen memerlukan banyak waktu dan tenaga (19,5 menit untuk pembuatan kotak kardus 42 pcs )


                Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan adalah melakukan pengamatan dan penelitian sekaligus wawancara untuk mengetahui apa yang dibutuhkan operator terhadap alat kerja pembuatan kotak kardus. Data yang dibutuhkan oleh penelitian ini meliputi data antropometri yang digunakan dalam penelitian yaitu, tinggi siku berdiri yang digunakan untuk menentukan tinggi kerangka alat pembuat kotak kardus dengan persentil 5 % , jangkauan tangan kedepan yang digunakan untuk menentukan lebar dari kerangka alat pembuat kotak kardus dengan persentil 5 % , jangkauan tangan kesamping digunakan untuk menentukan panjang kerangka alat pembuat kotak kardus dengan persentil 5 %. Selain itu juga dilakukan analisa aktifitas, analisa ergonomi, analisa estetika, dan analisa teknis.


                Dan dari hasil penelitian didapatkan perbedaan waktu proses pembuatan kotak kardus dari 27,17 menit menjadi 12,11 menit sehingga prosentase pengerjaan yang lebih cepat daripada dengan cara lama 124,4 % dengan output standart cara kerja lama 2,2 ikat/menit menjadi 4,92 ikat/menit Sehingga prosentase kenaikan output standart 123,6 %

References

Darmaprawira W.A, Sulasmi. 2002. Warna, Teori Dan Kreatifitas Penggunanya, Edisi Kedua.Bandung : ITB.
Hari dan Daryanto. 1999.Ilmu Bahan. Jakarta : Bumi Aksara.
Iftikar, Z Sutalaksana, DKK.1979 “Teknik Tata Cara Kerja” Bandung : Departemen Teknik Industri ITB.
Julius dan Martin. 1979. Dimensi manusia Dan Ruang Interior. Jakarta : Erlangga
Nurmianto, Eko. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, 1996 ITS Guna Widya Surabaya
Sudjana. 1996. Metoda Statistik, Edisi Kedua. Bandung : Tarsito.
Sularso Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta : Pradnya Paramitha.
Wigjosoebroto, Sritomo. 2000. Ergonomi, Studi Gerak Dan Waktu, Edisi Kedua. Surabaya : Guna Widya
Published
2017-08-10
How to Cite
WBMASTER, admin. DESAIN ALAT PEMBUATAN KOTAK KARDUS YANG ERGONOMIS BERDASARKAN UKURAN ANTROPOMETRI. CYBER-TECHN EDISI APRILVOL 06 NO 02 TAHUN 2012, [S.l.], v. 6, n. 02, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/april2012/article/view/41>. Date accessed: 26 apr. 2019.