PENGARUH INOVASI DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA OPERATOR SELULER CDMA

(Survei pada Pengguna Kartu Esia Ganas PT Bakrie Telecom pada Beberapa Lembaga Pendidikan Di Bandung), Fansuri Munawar *)

  • admin wbmaster

Abstract

PT Bakrie Telecom sebagai salah satu perusahaan operator seluler menyadari bahwa meningkatnya intensitas persaingan di antara perusahaan jasa operator telepon seluler baik lokal maupun asing, menyebabkan semakin sulitnya untuk meningkatkan keputusan  konsumen dalam menggunakan produk. Hal ini harus segera diperhatikan dengan menggunakan strategi dalam meningkatkan keputusan penggunaan produk perusahaan. Strategi yang digunakan yaitu inovasi (Bansley, 2008:14) dan periklanan (Shimp, 2003:360).


Penelitian ini bertujuan untuk : mendapatkan temuan mengenai inovasi kartu Esia Ganas, mendapatkan temuan mengenai periklanan kartu Esia Ganas, mendapatkan temuan mengenai keputusan penggunaan kartu Esia Ganas, mendapatkan temuan mengenai pengaruh inovasi dan periklanan terhadap keputusan penggunaan kartu Esia Ganas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan verifikatif dengan metode penelitian explanatory survey dengan pendekatan cross-sectional. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah  100 responden dengan menggunakan teknik penarikan sample random sampling. Teknik analisis  data yang digunakan adalah path analysis (analisis jalur).


Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat temuan bahwa 1) Variabel inovasi diantaranya relative advantage (keunggulan relatif), complexity (kompleksitas), compatibility (kesesuaian), trialability (kemampuan diujicobakan), dan observability (kemampuan untuk diamati) dilaksanakan dengan baik  2) Inovasi berpengaruh tinggi dalam meningkatkan keputusan penggunaan kartu Esia Ganas dan dimensi relative advantage adalah dimensi yang paling tinggi pengaruhnya dibandingkan dimensi lainnya. 3) Variabel periklanan diantaranya mission (tujuan iklan), money (anggaran iklan) , message (pesan iklan), media (media iklan) dan measurement (evaluasi dampak iklan) dilaksanakan dengan baik 4) Periklanan berpengaruh tinggi dalam meningkatkan keputusan penggunaan kartu Esia Ganas dan dimensi message  adalah dimensi yang paling tinggi pengaruhnya dibandingkan dimensi lainnya 5) Variabel periklanan memiliki  pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan variabel inovasi terhadap keputusan penggunaan produk.

References

Aaker, David A. 2004. Marketing Research 8th Edition. New Jersey: John Willey & Sons Inc.
Anatan, Lina., & Ellitian, Lena. (2008). Manajemen Strategi Operasi. Bandung: Penerbit Alfabeta
Alma Buchari (2004) pengantar bisnis edisi revisi. Alfabeta
Bansley, Robert (2003). Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat, EGC. Jakarta
Belch, George E., and Belch. Michael A. (2004). Advertising And Promotion : An Integrated Marketing Communication Perspective. New York : McGraw-Hill/Irwin
Bjorklund, D.V (2000) (en). Children's Thinking: Developmental Function and individual Differences. 3rd Ed. Belmont, CA : Wadsworth, hal. 2-13
Buchari Alma, (2003), Pengantar Bisnis. Alfabeta.Bandung.
De Jong, J & Hartog, D.D. (2003). Leadership as a determinant of innovative behavior. A conceptual framework. Retrieved June 30, 2009, from http://www.eim.net/pdf-ez/H200303.pdf.21 April 2006
Djaslim Saladin (2006), Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung. Linda Karya.
DarmadiDurianto,Sugiarto,Anton.W.Widajaj,Hendrawan.S (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.
Dirgontoro, Crown (2001). Manajemen Stratejik : Konsep, Kasus dan Implementasi. Grasindo
Durianto, D., Dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Everett M, Rogers (2003). Diffusion of Innovation. 5th Edition. New York : Free Press
Fandy Tjiptono, (2005). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi
Griffin, Ricky, (2004). Manajemen. Jakarta Jilid 1 Edisi 7. Penerbit : Erlangga.
Hermawan Kartajaya (2006). Hermawan on marketing mix. Jakarta : Mizan
Husein Umar, (2001). Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Lancaster, Geoff. Reynold, Paul. (2003) Introduction to marketing. First Indian Editon. New Delhi : Crest Publishing House.
Lovelock, C. and Wirtz, J. 2007. Services Marketing: People, Technology, Strategy. 6th Edition. New Jersey, USA: Pearson International - Pearson/Prentice Hall.
McNeil, Ruth (2005). Business to Bunisess Market Research “Understanding and Measuring Business Markets”. Kogan Page. London and Sterling, VA
Nielsen, AC. (2000) EPIC Dimensions of advertising Effectiveness. AC Nielsen Ads@work
Phillip,Kotler, Gary Amstrong (2007). Principles of Marketing,. 12 th Edition, Upper Sadle River, Prentice Hall.Inc. New Jersey.
Published
2017-08-10
How to Cite
WBMASTER, admin. PENGARUH INOVASI DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA OPERATOR SELULER CDMA. CYBER-TECHN EDISI APRILVOL 06 NO 02 TAHUN 2012, [S.l.], v. 6, n. 02, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/april2012/article/view/42>. Date accessed: 17 feb. 2019.