PENGEMBANGAN PRODUK NEEDO ICE CREAM SEJUK SEGAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOUSE of QUALITY (HOQ) UNTUK MENGETAHUI KEBUTUHAN PELANGGAN

(Studi Kasus di PT Bhakti Ikhsani Perdana Tanjunganom-Nganjuk) Ika Dwiyanti 1), Agustin Sukarsono 2)

  • admin wbmaster

Abstract

PT Bhakti Ikhsani Perdana adalah perusahan produsen es krim yang memproduksi es krim jenis stik dengan beberapa varian rasa. Es krim needo sejuk segar  merupakan hasil proses produksi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kepuasan pelanggan.


Untuk mendapatkan tingkat kepuasan terhadap kebutuhan pelanggan di perlukan pengembangan produksi dengan mengetahui atribut - atribut yang sangat mempengaruhi terhadap pengembangan produk tersebut. Dengan menggunakan pendekatan metode House of Quality (HoQ) diketahui 18 atribut produk es krim jenis stik yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yaitu rasa, aroma, warna, berat, ukuran (panjang x lebar x tinggi ), bentuk, keamanan komposisi bahan, kelembutan, informasi nilai gizi, kekerasan produk, desain kemasan menarik, bentuk kemasan, ukuran (volume) kemasan, terdapat logo merk, terdapat informasi komposisi bahan, terdapat ijin Depkes, terdapat label halal, dan  harga jual.


Penghitungan dalam pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Microsoft Excel 2007, SPSS  versi 13.0, dan QFD Designer versi 4.


Berdasarkan uji House of Qualiy (HoQ) disimpulkan bahwa Kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen terhadap kualitas produk es krim needo sejuk segar mempunyai formula atau kandungan 15% gula, minyak nabati 10%, skim whey powder 11%, skim milk powder 11%, dan aroma 1%.

References

Assael, H. 2004. Consumer Behaviour : A Strategic Approach. USA:HoughtonMifflin Company.
Boshoff, C. dan B. Gray. 2004. The Relationships Between Service Quality,Customer Satisfaction and Buying Intentions in The Private Hospital Industry. South African Journal of Business Management, Vol. 35. pp.27-37.
Cohen, L. 1995, Quality Function Deployment : How to Make QFD Work for You. Addition-Willey Publising Company.
Eureka, W.E, dan N.E. Ryan, 1994. QFD and You, Paper in Taguchi Methods and Quality Funtion Deployment : Hows and Whys for Management. ASI Press
Hill, Nigel and Alexander, Jim, 2003, Handbook for Measuring Customer Satisfaction and Loyalty, Infinity Books, New Delhi.
Rao, Ashok, 1996, Total Quality Management : A Cross Functional Perspective, John Wiley & Sons Inc., New York.
Singarimbun, Masri, dan Sofian Effendi (editor), 1989, Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.
Sugiyono, 1997, Statistika untuk Penelitian, CV Alfabeta, Bandung
Supranto, J., 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.
Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia, 2002, Total Quality Management (Edisi Revisi), ANDI, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 1997, Total Quality Service, ANDI, Yogyakarta.
Zeithaml, Valarie A., et.al., 1990, Delivering Quality Service – Balancing Cotusmer Perceptions and Expectations, The Free Press, New York.
Published
2017-08-10
How to Cite
WBMASTER, admin. PENGEMBANGAN PRODUK NEEDO ICE CREAM SEJUK SEGAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE HOUSE of QUALITY (HOQ) UNTUK MENGETAHUI KEBUTUHAN PELANGGAN. CYBER-TECHN EDISI APRILVOL 06 NO 02 TAHUN 2012, [S.l.], v. 6, n. 02, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/april2012/article/view/44>. Date accessed: 26 apr. 2019.