01 ANALISA SISTEM JARINGAN KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN GREEDY BERBASIS GRAF

Arief Tri Arsanto1)

  • admin wbmaster

Abstract

Jaringan komputer lokal merupakan network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang areanya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.


Dalam lingkungan kerja, sekolah, atau tempat tinggal, yang menggunakan banyak komputer, dan memerlukan adanya interaksi antar komputer, misalnya untuk transfer data atau komunikasi, dibutuhkan sebuah jaringan komputer lokal untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada. Pada dukungan Infrastruktur Jaringan Komputer khususnya di SMK Negeri 1 Pujon Malang sangat perlu untuk dikembangkan sebagai fasilitas layanan kepada siswa.


Sarana yang digunakan dalam menghubungkan sebagian komputer adalah LAN


atau Local Area Network. Jaringan LAN menggunakan kabel sebagai sarana untuk transfer data, sehingga dibutuhkan pengaturan pemasangan kabel serta penempatan pemasangan Switch untuk menghubungkan setiap kabel. Dalam pemasangan kabel dibutuhkan sebuah algoritma untuk menentukan peletakan switch yang berguna untuk mengefisienkan panjang kabel yang dibutuhkan.


Graf adalah insidensi antara titik-titik dengan sisi-sisinya, graf merupakan sesuatu yang sangat penting dalam jaringan komputer. Dimana objek utamanya adalah kumpulan simpul dengan hubungan satu atau dua arah diantara simpul-simpul yang lain, dengan banyaknya perhitungan atau macam-macam dari teori graf maka, teori tersebut dapat terbilang efisien dalam memberikan solusi untuk desain jaringan internet, sala satunya adalah definisi yang berkaitan dengan graf berarah untuk memudahkan dalam instalasi jaringan komputer.


Untuk menentukan tempat peletakan switch, yang dalam hal ini diletakan di dekat komputer, dibutuhkan sebuah algoritma untuk mendapatkan solusi yang paling optimum, yaitu solusi dengan menggunakan kabel terpendek. Dalam penelitian ini akan digunakan algoritma greedy untuk menyelesaikan persoalan.


Kata Kunci: LAN, Graf, Greedy

References

Albert, Aplikasi Graf Dalam Jaringan Komputer, Bandung: 2008.
Aldonuary. Deskriptif Kualitatif.http://aldoranuary26.blog.fisip.uns.ac.id/
2012/02/29/deskriptif-kualitatif/.Dikunjungi tanggal 07 September 2012.
Fajar Dwi Anggara, Studi dan Implementasi Struktur Data Graf,
,http://webmail.informatika.org/~rinaldi/Matdis/2008-
2009/Makalah2008/Makalah0809-097.pdf diakses terakhir 1 februari 2010
Hariyanto. Bambang, Sistem Manajemen Basis Data, Cetakan Pertama, (Bandung:2004), Hlm. 213
Jonathan, Suwarno. 2006. Metodologi Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Kustanto Daniel T Saputro, Membangun Server Dengan Mikrotik. Jogjakarta: Gava Media,
2008.
Munir, Rinaldi. 2012. Matematika Diskrit Revisi Kelima. Bandung: Informatika
Matuszek,Greedy Algorithm, www.cis.upenn.edu/~matuszek/ cit594-2007/Lectures/39- greedy.ppt, diakses terakhir 10 mei 2009.
Prof. Dr. Didi Suriyadi, M.Ed: Pengetahuan Dasar Teori Graf, Bandung: 2009. Rinaldi Munir, Matematika Dikrit. Bandung:2012.
Wahyono, Teguh. 2004. Sistem Informasi Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Wibisono, Samuel. 2008.Matematika Diskrit, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2017-08-15
How to Cite
WBMASTER, admin. 01 ANALISA SISTEM JARINGAN KOMPUTER DENGAN PENDEKATAN GREEDY BERBASIS GRAF. CYBER-TECN EDISI APRIL VOL 09 NO 02 TAHUN 2015, [S.l.], v. 9, n. 02, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/april2015/article/view/100>. Date accessed: 19 may 2019.