04 ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN OPERATOR MESIN

(Survei pada karyawan PT. Sumber Bening Lestari Suwayuwo) Misbach Munir*), Any Urwatul Wusko**)

  • admin wbmaster

Abstract

Kinerja karyawan yang tinggi merupakan suatu hal mutlak yang diinginkan perusahaan dari para karyawan. Namun untuk meningkatkan kinerja tersebut perusahaan harus berusaha memberikan motivasi-motivasi yang dapat membangkitkan gairah kerja karyawan dan akhirnya akan menghasilkan kinerja karyawan yang tinggi. PT. Sumber Bening Lestari – Suwayuwo yang terletak di jalan Surabaya Malang KM 51, adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK ). Sebagian besar proses kerja yang dilakukan adalah menggunakan tenaga manusia sebagai sumber dayanya, oleh karena itu motivasi sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan kinerja sumberdaya manusia atau karyawan, sehingga perlu adanya manajemen sumberdaya manusia yang baik dan pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan perusahaan.


Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan program SPSS for Windows Version 17 dapat diketahui bahwa factor motivasi yang diwakili oleh variabel fisiologis, psikologis dan lingkungan, berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 67,6%. Dari persamaan regresi diketahui bahwa variabel fisiologis memiliki pengaruh paling besar dengan kefisien regresi sebesar 0,504. Berdasarkan hasil analisa sebagaimana disebutkan diatas maka perusahaan dapat membuat kebijakan untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan cara memotivasi mereka berasarkan aspek fisiologis, psikologis dan lingkungan.


 


Kata Kunci : fisiologis, psikologis, lingkungan dan kinerja karyawan

References

As’ad, Muhammad. 2003. Psikologi Industri. Edisi Keempat, Liberti. Yogyakarta
Handoko, T. Hani. 1987, Metode Penelitin Survei, Lembaga Penelitian, Pendidikan Dan Penerangan Ekonomi Sosial, Jakarta.
Mangkunegoro, Anwar Prabu .2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan Ketiga, PT. Remaja Rosdakarya
Sugiono, Eri Wibowo. 2001. Statistika Penelitian. Edisi Pertama. Alfabeta, Bandung
Sugiono. 1999. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Kedua. Alfabeta, Bandung.
Umar, Husain. 2003. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Uyanto, Stanislaus. 2009. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Eisi Ketiga. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Winardi, J. 2002. Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Edisi Kedua, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Published
2017-08-15
How to Cite
WBMASTER, admin. 04 ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN OPERATOR MESIN. CYBER-TECH EDISI NOVEMBER VOL 09 NO 01 TAHUN 2014, [S.l.], v. 9, n. 01, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/november2014/article/view/97>. Date accessed: 16 june 2019.