ANALISIS KEMAMPUAN KARYAWAN MAKARTI POMOSDA MENGGUNAKAN METODE WAI (WORK ABILITY INDEX)

Fatimatuz Zulfa *), Widhy Wahyani **)

  • admin wbmaster

Abstract

Profesionalisme tenaga kerja serta kemampuan sumber daya manusia yang produktif dan berkualitas dapat memberikan kontribusi pada suksesnya sebuah perusahaan dan organisasi. Work Ability Index yaitu bagaimana para pekerja dapat bekerja dengan baik pada masa sekarang dan pada masa yang akan datang, dan bagaimana para pekerja mampu menghormati pekerjaannya sesuai dengan tuntutan pekerjaan, kesehatan, dan sumber daya fisik & mentalnya. Work Ability Index (WAI) dapat digunakan sebagai salah satu dari beberapa metode yang digunakan untuk memperkirakan kemampuan kerja karyawan dan juga dapat digunakan untuk mengkaji dan menganalisa tingkat kesehatan pekerja.
Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan didapatkan besarnya poin rata-rata untuk tiap divisi karyawan UPT Makarti Pomosda adalah 38 poin yang berarti bahwa kemampuan rata-rata karyawan UPT Makarti Pomosda berada pada level good (baik), dengan batas usia 18–51 tahun. Kemudian tingkat kemampuan dan produktivitas kerja paling tinggi yaitu sebanyak 1 orang yaitu usia karyawan 29 tahun dengan poin WAI sebesar 47, sedangkan tingkat kemampuan dan produktivitas kerja paling rendah atau untuk kategori poor sebanyak 1 orang yaitu pada usia 19 tahun dengan poin WAI sebesar 21.
Dari penelitian ini didapat kesimpulan untuk jumlah karyawan tiap kategori dalam work ability index yaitu 9.8% (5 orang) untuk kategori excellent, 39.2% (20 orang) untuk kategori good, 49% (25 orang) untuk kategori moderate,dan untuk kategori poor sebanyak 2% (1 orang).

References

Bayu Budikusumah, Firman. “ Analisis Kemampuan Kerja Karyawan Di Pt. Azka Raya Dengan Menggunakan Wai (Work Ability Index) “. 2013.
Nurrohim, Asep. “ Analisis Kemampuan Kerja Karyawan Pt. Press Metal Indo Jaya Dengan Menggunakan Work Ability Index (WAI) “. 2010.
WAI - Work Ability Index | WAI - Online (english)
Hancock, A. Peter and N. Meshkati (1988). Human Mental Workload. Netherlands: Elsevier Science Publishing Company, INC
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=96662
Published
2017-08-09
How to Cite
WBMASTER, admin. ANALISIS KEMAMPUAN KARYAWAN MAKARTI POMOSDA MENGGUNAKAN METODE WAI (WORK ABILITY INDEX). CYBER-TECHN EDISI NOVEMBER VOL 11 NO 1 TAHUN 2016, [S.l.], v. 11, n. 01, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/november2016/article/view/7>. Date accessed: 17 jan. 2019.