ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE GENERASI 3.0 MELALUI APLIKASI INSTAGRAM

Jarwo*)

  • admin wbmaster

Abstract

Strategi komunikasi pemasaran online merupakan aktivitas pemasaran dengan menggunakan semua fasilitas yang disediakan oleh internet dengan tujuan meningkatkan hasil penjualan dan menjalin komunikasi yang lebih baik kepada pelanggan. Di dunia pemasaran online generasi 3.0, konsumen menjadi semakin kritis dan tidak mudah percaya terhadap pesan yang mereka terima melalui berbagai bentuk komunikasi. Komunikasi pemasaran generasi 3.0 telah menggunakan media sosial sebagai media yang efektif untuk memasarkan produk, salah satu diantaranya menggunkan aplikasi Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran online yang menggunakan aplikasi Instagram sebagai salah satu trend media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Instagram yang berbasis foto dan video, penggunanya banyak dari kalangan anak muda, yang didominasi oleh perempuan yang aktif berkomentar dan berbagi yang mempunyai ketertarikan tinggi dengan kecenderungan follow dan membeli. Dengan trend fashion dan teknologi yang banyak dicari dalam melakukan filter dan serach menjadikan Instagram menjadi media komunikasi pemasaran online yang menjanjikan bagi pebisnis untuk mempromosikan produknya. Jika peluang ini ditangkap oleh pebisnis, maka tidak mustahil Instagram menjadi media mode trend dalam pemasaran online generasi 3.0

References

Abdurrahman, Nana Herdiana (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Pustaka Setia: Bandung. ISBN 978-979-076-501-6
Andian Ari Anggraeni (2008). Manajemen Keyword: Strategi Pemasaran Online Menggunakan Search Engine. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI, No. 2, tahun 2008 : pp. 60-69.
Annetta Gunawan (2014). Analisis Strategi dan Taktik Pemasaran dalam Aktivitas E-Commerce untuk Meningkatkan Pertumbuhan PT. Golden Rama Express. Journal The Winners, Vol 15 No. 1, Maret 2014: pp. 61-71
Atun Yulianto (2015). Kajian Internet Marketing sebagai Salah Satu Media Pemasaran Industri Perhotelan. Jurnal Khasanah Ilmu Vol. VI, No. 1, Maret 2015: pp. 65-78.
Betari Kiranasari, dkk. Faktor-Faktor yang Menentukan Online Seller Memilih Situs Jejaring Instagram sebagai Media Promosi Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-Faktor yang Menentukan Toko Online di Yogyakarta Memilih Media Promosi Instagram). Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
CARA PALING MURAH DAN MUDAH MENAMBAH FOLLOWERS INSTAGRAM ANDA. Diakses pada 30 Juni 2016 dari http://startupbisnis.com/liputan-kopdarrpx-sfs-cara-paling-murah-dan-mudah-menambah-followers-instagram-anda/
Desti Putri Lestari. Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Di Surabaya Melalui Instagram. Commonline Departemen Komunikasi Vol. 4/ No. 2: pp. 412-424.
Dewi Rahmawati (2016). Pemilihan dan Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @FreezyBrowniezz). Skripsi. Prodi Ilmu Komunikasi FISIP & Humaniora UIN Kalijaga Jogjakarta.
Eva Melita Fitria (2015). Dampak Online Shop di Instagram dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, Vol. 1 No. 3 (2015): pp. 117-128 ejournal.ilkom.fisip-unmul.org.
Hutama, Enrice Putra (2010). Marketing 3.0 sebagai Mindset Baru dalam Dunia Marketing. Diakses pada 30 Juni 2016 dari http://enrice.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2010/12/14/marketing-3-0-sebagai-mindset-baru-dalam-dunia-marketing/
Kuncoro, Ongky Seto (2013). Marketing 3.0 = Marketing Ren. Diakses pada 30 Juni 2016 dari http://www.spocjournal.com/ekonomi/marketing/379-marketing-3-0-marketing-ren.html
Lovelock, Christoper H; Wright, Lauren K (2005). Manajemen Pemasaran Jasa. PT. Indeks. ISBN 979-683-173-2
Muhammad Rachman Mulyandi, dkk. (2012). Inovasi Strategi Pemasaran Internet Menggunakan Search Engine Optimization. Prosiding Semantik 2012. 23 Juni 2012. ISBN 979-26-0255-0: pp. 424-431.
Munawaroh (2011). Peluang dan Strategi Penjualan Melalui Internet Marketing. Jurnal EconoSains, Vol. IX, No. 2, Agustus 2011: pp. 147-156.
Novia Ayu Putri (2016). Desain Strategi Pemasaran Online pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Vol. 1, No. 1, April 2016: pp. 118-127.
TIPS PROMOSI DI INSTAGRAM. Diakses pada 30 Juni 2016 dari http://plaza-bisnis.com/tips-promosi-di-instagram/
Published
2017-08-09
How to Cite
WBMASTER, admin. ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE GENERASI 3.0 MELALUI APLIKASI INSTAGRAM. CYBER-TECHN EDISI NOVEMBER VOL 11 NO 1 TAHUN 2016, [S.l.], v. 11, n. 01, aug. 2017. ISSN 1907-9044. Available at: <http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/november2016/article/view/8>. Date accessed: 21 mar. 2019.