ANALISIS PENGENDALIAN PRODUKSI SECARA STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) STUDI PADA PT TIMATEX SALATIGA

Ana Wahdani 1), Achmad Syaichu 2)

  • admin wbmaster
Keywords: Pengendalian Kulitas, Alat Bantu Statistik, jenis kecacatan

Abstract

             PT TIMATEX adalah perusahaan yang bergerak  dalam bidang perindustrian tekstil. Dalam kegiatan produksinya, perusahaan selalu berupaya agar menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk atau kecacatan yang tinggi dengan menetapkan standar toleransi kecacatan sebesar 21 % dari jumlah produksi setiap mesinnya. Akan tetapi, kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa masih terdapat kecacatan yang melebihi standar toleransi yang ditetapkan. 

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas menggunakan alat bantu statistik yang bermanfaat dalam upaya mengendalikan tingkat kecacatan produk di perusahaan.  Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan alat bantu statistik berupa  check sheet, histogram, peta kendali p, diagram pareto dan diagram sebab-akibat.

       Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Serta banyak yang keluar dari batas kendali. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kerusakan kain yang dominan yaitu LTO (Lapisan Tebal operator) sebesar 31,09% dari hasil produksi mesin Shuttle, LTM (Lapisan Tebal Mesin) sebesar 31,61% dari hasil produksi kain mesin Water Jet Loom, dan PBR (Pakan Berkerut ) adalah sebesar 19,10% dari hasil produksi kasin mesin Repier Loom. Dari analisis diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kecacatan berasal dari faktor manusia/ pekerja, mesin produksi, metode kerja, material/ bahan baku dan lingkungan kerja, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan untuk menekan tingkat kecacatan dan meningkatkan kualitas produk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gasperz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor : Ghalia Indonesia.
Hatani, La. 2008. “Manajemen Pengendalian Mutu Produksi Roti Melalui Pendekatan Statistical Quality Control (SQC).” Diakses 12 Maret 2010, dari www.google.com/Jurusan Manajemen FE Unhalu.
Hermawati, Sri dan Sunarto. 2007. “Analisis Pengendalian Mutu Produk PT. Meiwa Indonesia Plant II Depok.” Proceeding PESAT, Auditorim Kampus Universitas Gunadarma, Jakarta 21-22 Agustus 2007.
Montgomery, Douglas C. 2001. Introduction to Statistical Quality Control. 4 Edition. New York : John Wiley & Sons, Inc.
Nasution, M. N.. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia.
Nugroho, Fajar dan Hotniar Siringoringo. 2008. “Analisis Cacat Produk Botol Milkuat 100 ml.” Diakses 3 Desember 2009, dari www.google.com Teknik Industri Universitas Gunadarma.
Prestianto, Bayu, Sugiono dan Susilo Toto R. 2003. “Analisis Pengendalian Kualitas Pada PT. Semarang Makmur Semarang.” Jurnal Bisnis Strategi Vol. 11/Juli/Th. VIII/2003.
Published
2017-08-10