01-10 KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PERAWATAN KECANTIKAN PILIHAN GAYA HIDUP HALAL MUSLIMAH

  • Fatma Ayu Nuning FT Universitas Hasyim Asy’ari
  • Nur Muflihah FT Universitas Hasyim Asy’ari
  • Lilis Hidayah FT Universitas Hasyim Asy’ari

Abstract

Tuntutan terhadap layanan perawatan kecantikan yang halal dan dapat diterima konsumen merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Mengintegrasikan halal di seluruh organisasi sangat penting untuk mendapatkan benteng di pasar halal.. Pada penelitian bertujuan untuk mengetahui kesediaan membayar (willingness to pay) muslimah terhadap perawatan kecantikan serta beberapa faktor yang mempengaruhi secara signifikan terhadap WTP muslimah dalam melakukan perawatan. Analisis kesediaan membayar (willingness to pay) dilakukan untuk mendapatkan informasi nilai maksimum kesediaan membayar konsumen pengguna jasa Flamboyan Salon dan Spa Muslimah. Nilai  rata-rata WTP konsumen pada perawatan rambut (potong rambut) sebesar Rp 21.110,00 dengan artian konsumen bersedia membayar 41% lebih tinggi dari harga awal, perawatan rambut (creambath)  sebesar Rp 54.528,00 dengan artian konsumen bersedia membayar 30% lebih tinggi dari harga awal, dan pada perawatan wajah (facial) sebesar Rp 65.827,00 dengan artian konsumen bersedia membayar 39% lebih tinggi dari harga awal. Beberapa faktor diketahui dapat memperngaruhi kesediaan membayar atau willingness to pay konsumen terhadap pelayanan Flamboyan Salon dan Spa Muslimah, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesediaan membayar konsumen adalah ideologi (ID).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fatma Ayu Nuning, FT Universitas Hasyim Asy’ari

Program Studi Teknik Industri

Nur Muflihah, FT Universitas Hasyim Asy’ari

Program Studi Teknik Industri

Lilis Hidayah, FT Universitas Hasyim Asy’ari

Program Studi Teknik Industri

References

El-Bassiouny, N. (2014). The one-billion-plus marginalization: Toward a scholarly understanding of Islamic consumers. Journal ofBusiness Research, 67,42–49
Ireland, J., & Rajabzadeh, S. A. (2011). UAE consumer concerns about halal products. Journal of Islamic Marketing, 2(3), 274e283
Sungkar, P. Othman, P., & Hussin, S.W. (2008). The 33rd Annual Conference of the Federation of ASEAN‘s Economics Associations, Potentials of Global Halal Food Market: Implications for Vietnamese SMEs. University of Malaya, Kuala Lumpur.
Schwartz S.H., Huismans S. (1995) Value priorities and religiosity in four western religions. Soc Psychol Q. 58(2), 88–10
Riaz, M.N., & Chaudry, M.M. (2004). Halal Food Production, CRC Press, U.S.A
Endang, S.S. (2010). Business Opportunities for Halal Products in the Global Market: Muslim Consumer Behaviour and Halal Food Consumption. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities. Vol.3, p.151-160.
Siddiqi, M.N. (1992), Islamic consumer behavior, in Tahir, S., Ghazali, A., Agil, S.O. (Ed.), Readings in Microeconomics: An Islamic Perspective. Selected Readings. Longman, Kuala Lumpur, pp.49-60.
Published
2022-04-12
How to Cite
Ayu Nuning, F., Muflihah, N., & Hidayah, L. (2022). 01-10 KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PERAWATAN KECANTIKAN PILIHAN GAYA HIDUP HALAL MUSLIMAH. CYBER-TECHN, 16(02), 10. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/106
Section
Articles