01-12 PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PENGELASAN PAGAR DENGAN METODE SEVEN TOOLS

  • Moh. Ririn Rosyidi Universitas Qomaruddin
  • Nailul Izzah Universitas Qomaruddin

Abstract

Dimasa pandemi ini yang disebabkan oleh virus covid-19 menyebabkan ekonomi diberbagai tingkatan usaha mengalami ketidakstabilan penjualan produk kepada konsumen, para pengusaha atau pelaku bisnis dituntut untuk bersaing secara sehat agar bisa terus bertahan dan eksis didalam penjualan produk yang telah diproduksi. Bengkel Las Kurniawan yang di pimpin oleh bapak H.Syai’in juga merupakan bengkel las listrik yang bergerak di bidang las listrik dan pembuatan produk seperti Pagar, pintu pagar,kanopi,roling dor dan barang-barang lain yang berbahan besi atau baja ringan. Bengkel sering dihadapkan dengan permasalahan kualitas proses pengelasan yang banyak, dimana kerusakan yang terjadi ditimbulkan dari beberapa penyebab yaitu Porosity dan Over spatter pada saat proses pengelasan berlangsung.Agar dapat mengendalikan cacat produk pagar pada saat proses pengelasan dan bisa meminimalkan cacat yang terjadi. Peneliti memakai metode seven tools dan rekomendasi perbaikan menggunakan analisis 5W+1H.cacat porosity adalah 171 dengan presentase 51.5% dan dan cacat over spatter adalah 161 dengan presentase 48.5%, pada diagram sebab akibat factor yang mempengaruhi kecacatan pada proses pengelasan berasal dari factor manusia,mesin,metode dan lingkungan. Selain itu dari hasil analysis dari kelima faktor yang mempengaruhi kecacatan proses pengelasan di bengekel las kurniawan di temukan bahwa factor yang paling kritis sebagai penyebab munculnya kecacatan adalah faktor metode. Untuk mengendalikan kualitas pada saat proses pengelasan perlu adanya sosialisasi SOP kepada karyawan dan juga melakukan pengarahan atau training kepada karyawan supaya bisa menghasilkan pengelasan yang berkualitas agar dapat menghasilkan produk yang sempurna dan bisa melakukan pengelasan dengan aman juga terampil.

Kata kunci : las, seven tools, analisis 5W+1H.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moh. Ririn Rosyidi, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Nailul Izzah, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik.

References

Feigenbaum, A. (2000). Integrated Quality Control.

Gaspersz, V. (2001). Total Quality Management, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Goetsch, D., & Davis, S. (1994). Introduction to Total Quality: Quality. Productivity, Competitiveness, New Jersey: Prenticehall Inc.

Gryna, F. M., & Juran, J. M. (2001). Quality planning and analysis: From product development through use. McGraw-Hill New York.

Kartika, H. (2013). Analisis pengendalian kualitas produk CPE film dengan metode statistical process control pada PT. MSI. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 1(1), 50–58.

Kasiram, M. (2010). Metodologi penelitian: Kualitatif–kuantitatif.

Magar, V. M., & Shinde, V. B. (2014). Application of 7 quality control (7 QC) tools for continuous improvement of manufacturing processes. International Journal of Engineering Research and General Science, 2(4), 364–371.

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Susetyo, J., Winarni, W., & Hartanto, C. (2011). Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen sebagai metode pengendalian dan perbaikan kualitas produk. Jurnal Teknologi, 4(1), 78–87.

Yamit, Z. (2010). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonisia.

Published
2021-04-22
How to Cite
Rosyidi, M. R., & Izzah, N. (2021). 01-12 PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PENGELASAN PAGAR DENGAN METODE SEVEN TOOLS. CYBER-TECHN, 15(02), 12. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/55
Section
Articles