ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Studi Kasus Pada Desa Demangan, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk - Jawa Timur)

Authors

  • Erna Habibah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Eddy Yuriancha Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Payback Period (PP), Profitability index (PI), Internal Rate Of Return (IRR), Break Even Point(BEP)

Abstract

Jamur adalah salah satu bahan tanaman yang sukai oleh kebanyakan masyarakat umum. Kabupaten nganjuk memiliki luasan panen 1.377 hektar, produksi 29.877 kwintal, dengan jumlah produksi tersebut belum mencukupi kebutuhan pasar di kabupaten nganjuk. Budidaya jamur di Nganjuk masih minim dibandingkan usaha budidaya komoditas sayuran lainnya. Dimana kondisi tersebut sangat ironi melihat permintaan pasar untuk jamur tiram tergolong besar dan pelaku pembudidaya jamur yang masih tergolong rendah, hal ini disebabkan usaha budidaya jamur memiliki nilai PP atau tingkat pengembalian modal akan kembali pada usia usaha 4 tahun, nilai PI sebesar 1,87, nilai NPV sebesar Rp 137.140.682 dengan usia investasi 5 tahun, tingkat pengembalian investasi IRR sebesar 39%, niali BEP titik impas produksi sebesar 7.515,15 kg, titik impas jamur tiram Rp 8.841.

Kata kunci: , , ,, 

Author Biographies

Erna Habibah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Promgram Studi Teknik Industri STT Pomosda

Eddy Yuriancha , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

References

Anam, Asrofi. 2015. Analisis Investasi Pada Alat Berat Tambang Dipt. Kaltim Prima Coal Sangatta

Atmaja, I Made Sukma. 2017. Analisis Kelayakan Ekspansi Usaha (Studi Kasus Pada New Garden View Resort)

Batubara, sundari rezeky. 2019. Sistem Pakar Mendiagnosa Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Jamur Tiram Dengan Metode Teorema Bayes.

Farhah. 2017. Analisis Kelayakan Usaha Jamur Tiram Di Desa Mpanau Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi

Fatmawati. 2017. Pertumbuhan Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus) Pada Berbagai Komposisi Media Tanam Serbuk Gergaji Kayu Dan Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat)

Fiantiningsih. 2017. Pertumbuhan Miselium Bibit F1 Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) Dan Jamur Merang (Volvariella Volvacea) Pada Media Biji Padi Dan Biji Kacang Panjang Dari Bibit F0 Media Ubi Jalar Putih

Ganda, Fidam Surya. 2017. Analisa Kegiatan Usaha & Kelayakan Finansial Jamur Tiram Studi Kasus Di Kota Banjarbaru

Hasanah, Hasyim. 2017. Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).

Hutabarat, Esterlina. 2017. Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan.

Jayawardhana, Hatta. 2017. Studi Kelayakan Pendirian Usaha Budidaya Jamur Tiram di Kabupaten Garut

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Erna Habibah, & Eddy Yuriancha. (2022). ANALISIS KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM (Studi Kasus Pada Desa Demangan, Kecamatan Tanjunganom, Nganjuk - Jawa Timur). CYBER-TECHN, 16(02), 126–136. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/74