PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus Pada CV. Sumber Makmur Mekanik Kediri)

Authors

  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Diyah Ayu Meisari Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Erna Habibah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Analisis SWOT, Matrik IE, Diagram Cartesius, Strategi Pemasaran

Abstract

Sumber Makmur Mekanik bergerak dibidang produksi mesin teknologi tepat guna dimasa pandemi covid-19 telah terjadi dampak kurang stabilnya penjualan mesinkarena belum stabilnya pemasaran yang diterapkan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan dan menganalisis strategi pemasaran yang cocok pada CV. Sumber Makmur Mekanik Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis SWOT. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan data-data sekunder dari CV. Sumber Makmur Mekanik. Berdasarkan hasil diagram cartesius menunjukan perusahaan di kuadran I, yaitu agresif dengan menerapkan Growth Oriented Strategy. selanjutnya berdasarkan matrik IE perusahaan terletak diposisi kuadran V (Hold And Maintain) yang berarti bahwa perlu adanya penguat pada sisi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Sedangkan strategi yang sesuai digunakan oleh CV. Sumber Makmur Mekanik adalah melalui social media untuk memudahkan konsumen mengetahui produk perusahaan dimasa pandemi covid-19.

Author Biographies

Agustin Sukarsono , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Diyah Ayu Meisari, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Erna Habibah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Ali, Mukti. (2019) “Analisis Swot Dalam Merumuskan Strategi Pemasaran Pada Grand Celino Hotel Di Makassar” Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar.

Aliyah, Zulfa. (2018) “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika Pada Cv Yudi Putra “Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Aprianti, Evi. (2017), “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Studi Pada PT. Pasific Motor 1 Cikarang” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pelita Bangsa Bekasi.

Ari, Juwita. (2019) “ Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Usaha Furniture Di Some Renders Madiun “ Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Dalimunthe, Zunaida Riska. (2016) ‘’Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Kaki Lima Pada Malam Hari Di Jalan Jenral Sudirman Binjai”. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Firmansan ,Moh Asmin.(2019)” (Analisis Strategi Pemasaran Bubuk Kedelai Instan Marasake (Studi Kasus Pada Upt.Makarti Pomosda Tanjunganom,Nganjuk))” Progam Studi Teknik Industry Sekolah Tinggi Teknologi Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa (STT POMOSDA) Nganjuk

Pasaribu, Hidayatul Fauziyah. (2018) “ Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada Pt. Arma Anugerah Abadi Medan “ Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Prawitasari, Sri Yati. (2010) “(Analisis Swot Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi Pada Dealer Honda Tunggul Sakti Di Semarang)” Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Saelendra, Rio. (2010) “(Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Produk Solid Furniture Pada Pt. Wiramas Inti Lestari)” Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur.

Yuliawati, Surya. (2008) “ (Analisis Strategi Pemasaran Obat Herbal Biomunos Pada Pt. Biofarmaka Indonesia, Bogor)” Program Studi Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Zulkarnaen, Halim Oky.(2013) “( Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (Ukm) Makanan Ringan ( Studi Penelitian Ukm Snack Barokah Di Solo ) )” Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Agustin Sukarsono, Diyah Ayu Meisari, & Erna Habibah. (2022). PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus Pada CV. Sumber Makmur Mekanik Kediri). CYBER-TECHN, 16(01), 09–18. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/81

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>