ANALISIS SWOT UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN RELOKASI PABRIK START UP SUSU SAPI SEGAR MULK JAPO TANJUNGANOM NGANJUK

Authors

  • Yuli Minartwi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Uswatun Hasanah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Achmad Syaichu Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda https://orcid.org/0000-0002-6492-9471
  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Analisis SWOT, Kelayakan, Lokasi Produksi

Abstract

Tata Letak pabrik yang berjauhan dengan lokasi pasar dapat menimbulkan biaya produksi yang tinggi, biaya transportasi dan tingkat kompetitifnya lemah dari sisi harga, maka dilakukanlah penelitian dengan merelokasi pabrik yang berdekatan dengan lokasi pasar. Data primer diperoleh langsung dari mewawancarai pihak start up dan data sekunder diperoleh secara tidak langsung melalui penelitian kepustakaan, metode penelitian menggunakan SWOT (Strenghts Weaknesses Opportunities Threats) untuk pembobotannya menggunakan AHP (Analytic Hierarchy Proses) dan analisis data berupa deskriptif kualitatif. Penelitian ini diperoleh rumusan keputusan terbaik yaitu strategi Hold and Maintain, yaitu strategi bertahan dan menjaga, yang artinya perusahaan harus bertahan menjalankan dan menjaga kondisi sekarang supaya tidak terburu-buru dalam menjalanan keputusan merelokasi lokasi produksi/ pabrik.

Author Biographies

Yuli Minartwi, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Uswatun Hasanah, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Achmad Syaichu , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Agustin Sukarsono , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Jayanti, Gian Dwi. 2019. Analisis Swot Untuk Mengetahui Positioning Perusahaan Dalam Menentukan Strategi Perusahaan Pada UD. Mahkota Gempol, Universitas Bhayangkara Surabaya

Pratama, Yudha. 2019. Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Air Minum Dalam Kemasan (Studi Kasus Pada Bum Desa Lancar Jaya Desa Lambur Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga), Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Sari, Ratna Puspita. 2019. Studi Kelayakan Bisnis Home Industry Emping Melinjo Di 30a Adirejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur, Institut Agama Islam Negeri Metro.

Shohibuddin, 2017. Sebaran Lokasi dan Karakteristik Industri Kecil Rumah Tangga Di Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, Universitas Negeri Semarang

Suwarso, 2018. Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Pengantar Bisnis Terhadap Motivasi dan Minat Wirausaha (Study Kasus Mahasiswa Akademi Akuntansi PGRI Jember), Akademi Akuntansi PGRI Jember. Vol 4, no 2, hal 98-107.

Wahyudi, Imam. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Dalam Kesuksesan Usaha Jasa Mikro-Kecil Di Sekitar Kampus Uin Alauddin Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Yuli Minartwi, Uswatun Hasanah, Achmad Syaichu, & Agustin Sukarsono. (2022). ANALISIS SWOT UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN RELOKASI PABRIK START UP SUSU SAPI SEGAR MULK JAPO TANJUNGANOM NGANJUK. CYBER-TECHN, 16(01), 29–37. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/83

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>