ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS METODE SPC DAN PERBAIKAN KUALITAS METODE FMEA PADA PRODUK RUJI TANGGA

Authors

  • Anik Rufaidah Universitas Qomaruddin
  • Nailul Izzah Universitas Qomaruddin
  • Khoiruzad Universitas Qomaruddin

Keywords:

SPC (Statistical Proses Control), FMEA (Failure Mode and Effect Analysis)

Abstract

Kualitas produk merupakan hal terpenting dalam perusahaan, untuk mendapatkan produk bermanfaat dan sesuai standart yang sudah ditentukan. Untuk mendapatkan produk yang memenuhi standart maka perusahaan harus menerapkan sistem pengendalian kualitas terhadap aktifitas proses produksi. CV. gavra Perkasa merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri manifaktur yang bergerak dalam bidang industri pengolahan kayu, salah satu produk yang dihasilkan adalah produk ruji tangga. Dalam proses produksi perusahaan berupaya menghasilkan produk tanpa adanya produk cacat, untuk itu perusahaan menetapkan batas toleransi terhadap produk cacat sebesar 1%. Akan tetapi pada kenyataannya data pada tahun 2017-2018 tingkat produk cacat diatas batas toleransi perusahaan sebesar 3.10%. tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi jenis cacat, factor-faktor penyebab cacat dan  memberikan usulan perbaikan kualitas pada produk ruji tangga. Analisis pengendalian kualitas menggunakan metode statistical process control yakni check sheet, histogram, control chart, diagram pareto, dan fishbone diagram. Analisis perbaikan kualitas menggunakan metode failure mode and effect analysis dalam penelitian ini jenis FMEA yang digunakan adalah FMEA proses. Dari analisis pada proses produksi ruji tangga terdapat produk cacat berupa cacat mata kayu, berlubang, kesambi, patah, dan bengkong. Dari jenis-jenis cacat yang ada dan yang paling dominan berdasarkan diagram pareto yaitu jenis cacat berlubang sebesar 39.1%, cacat mata kayu sebesar 27.0%, cacat kesambi sebesar 19.0%, cacat patah sebesar 13.2%, dan cacat bengkong sebesar 1.7%. berdasarkan hasil analisis perbaikan menggunakan FMEA di ketahui nilai RPN yang tertinggi terdapat pada jenis cacat berlubang dimana pengaruh kegagalan terdapat proses pengerjaan kurang nyaman dalam pengerjaan bagian pendempulan dengan perencanaan dilakukan penataan kembali tenaga kerja pada proses pendempulan yang awalnya tenaga kerja bergerumbul menjadi sejajar dengan jarak tertentu antar tenaga kerja.

Author Biographies

Anik Rufaidah, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Industri Univeristas Qomaruddin

Nailul Izzah, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Industri Universitas Qomaruddin

Khoiruzad, Universitas Qomaruddin

Program Studi Teknik Industri Universitas Qomaruddin

References

Andriani, d. p. (2018). Teknik dan manajemen kualitas. yogyakarta: teknosain.

Danar, i. (2016). analisis pengendalian kualitas dengan pendekatan metode six sigma sebagai upaya peningkatan kualitas produk ( Studi Kasus di PT . Alis Jaya Ciptatama ).

Fauzi, Y. A. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Peci Jenis Overset Yang Cacat Di Pd. Panduan Illahi Dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (Fta) Dan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea). Kalibrasi, 29-34.

Hendy, t. (2015). pengendalian kualitas . jakarta : graha ilmu.

Mayangsari, F. D. (2015). Usulan Pengendalian Kualitas Produk Isolator Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Dan Fault Tree Analysis (Fta). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 81-91.

Mufidin, c. i. (2016). usulan perbaikan kualitas produk Ep Yst Pro dengan metode statistical process control dan failure mode and effect analysis pada PT. mitra rekatama mandiri. jurnal rekavasi, 60-118.

Nursya'bani, p. (2006). manajemen kualitas perspektif global. yogyakarta: ekonosia.

Riswan et al. (2017). Pengendalian Kualitas dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) untuk Mengurangi Cacat Produk pada Hasil Produksi Grass Block Lubang Lima (Studi Kasus : PT. Cisangkan-Cijerah). Prosiding Teknik Industri, 207-214.

Tannady, H. (2017). Analisis Pengendalian Kualitas dan Usulan Perbaikan pada Proses Edging di PT Rackindo Setara Perkasa dengan Metode Six Sigma. JIEMS (Journal of Industrial Engineering and Management Systems), 123-139.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Anik Rufaidah, Nailul Izzah, & Khoiruzad. (2022). ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS METODE SPC DAN PERBAIKAN KUALITAS METODE FMEA PADA PRODUK RUJI TANGGA . CYBER-TECHN, 16(01), 50–61. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/85

Most read articles by the same author(s)