RANCANG BANGUN ALAT PENGISIAN OTOMATIS PADA PUPUK ORGANIK CAIR MANUTTA GOLD BERBASIS MIKROKONTROLER

Authors

  • Sukarni Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Nurekawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Dwi Wibowo Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Anang Efendi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Manutta Gold, Arduino Uno, Sensor Water Flow, Sensor Ultrasonic

Abstract

Dilatar belakangi kendala pada proses produksi Pupuk Manutta Gold yang merupakan salah satu produk unggulan CV. Makarti Pomosda. Selama ini, proses pengemasan masih dilakukan secara manual, sehingga mengakibatkan seringnya terjadi humam error saat pengemasan. Meninjau semakin banyaknya produksi yang dilakukan, akan bedampak pada keterlambatan produksi. Maka tujuan penelitian ini untuk merancang alat pengisian otomatis agar proses pengemasan pada Pupuk Manutta Gold lebih efisien dan mengurangi kesalahan proses. Penelitian ini mengembangkan penelitian sebelumnya dengan menambah komponen rangkaian pada sensor dengan memakai Sensor Ultrasonic, Sensor Waterflow dan LCD dengan mikrokontroler Arduino Uno Atmega 328. Pengisian membutuhkan waktu 55 detik untuk 2 output aliran pada pengisian 2 Botol Manutta Gold (2 liter/botol) dengan rangkaian desain pipa yang menyediakan satu penampung untuk kran yang berfungsi sebagai efisiensi waktu ketika pompa menyala, seketika air mengalir dari kran tanpa harus menunggu datangnya air dari tandon utama pengisian. Perakitan alat dinyatakan berhasil dengan persentase error pada selisih volume sebesar 0,25%.

Author Biographies

Sukarni, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda

Nurekawati , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda

Dwi Wibowo, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Anang Efendi , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

References

Genialdi, Anggi. 2018. Sistem Kontrol Otomatis Pengisian Volume Cairan Dalam Botol. Bandung. Sistem Komputer, Teknik Dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia, 1.1.

Kurniasih, Siti Sulbiyah, Dedi Triyanto, Yulrio Brianorman (2016) Rancang Bangun Alat Pengisi Air Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Pontianak: Sistem Komputer, MIPA, Universitas Tanjungpura. Jurnal Coding 4(3) 43-52.

Wagino, Arafat. 2018. Monitoring Dan Pengisian Air Tandon Otomatis Berbasis Arduino. Banjarmasin. Teknologi Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Technologia, 9(3).

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Sukarni, Nurekawati, Dwi Wibowo, & Anang Efendi. (2022). RANCANG BANGUN ALAT PENGISIAN OTOMATIS PADA PUPUK ORGANIK CAIR MANUTTA GOLD BERBASIS MIKROKONTROLER . CYBER-TECHN, 16(01), 71–77. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/87

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>