Rekayasa Perangkat Lunak Pembelajaran Ilmu Nahwu Dasar Berbasis PHP Dan HTML

Authors

  • M. Safrodin Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Dwi Wibowo Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Ardath Prahara Setyan Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Widodo Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Ilmu nahwu, Perangkat lunak pembelajaran, PHP

Abstract

Abstrak

Kemajuan teknologi komputer pada saat ini telah merambah pada segala bidang kehidupan manusia, teknologi komputer telah menjadi alat bantu yang semakin canggih dan mempunyai performa yang tinggi untuk membantu menyelesaikan pekerjaan manusia, baik itu di bidang politik, ekonomi, rumah tangga dan dalam bidang studi atau pembelajaran. Dalam penggunaannya di bidang pembelajaran komputer dapat dimanfaatkan dengan berbagai macam cara seperti: presentasi materi, simulasi, membuat animasi gambar, video, suara atau pun aplikasi yang mendukung suatu pembelajaran. Dari fungsinya ternyata komputer dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran, maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan perangkat lunak yang dapat mendukung pembelajaran yang dikhususkan untuk materi ilmu nahwu. Perangkat lunak ini akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML yang akan didukung oleh file audio. Perangkat lunak ini akan memuat materi-materi pokok ilmu nahwu seperti: 3 (tiga) macam kalimat dalam bahasa arab, 4 (empat) macam I’rob, isim yang di’irobi (rofa’, nasob dan jer), fi’il yang di’irobi (rofa’, nasob dan jazm) beserta contoh-contohnya yang disusun dalam materi atau dari ayat-ayat yang diambil dari alqur’an. pada contoh ayatnya disertakan suara untuk memperjelas bacaan ayat tersebut dan menarik minat pembelajar.

Author Biographies

M. Safrodin, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Dwi Wibowo, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Ardath Prahara Setyan, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Widodo, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

References

Ahmad Muzaki, 2008, Skripsi:Perancangan Aplikasi System Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan PHP dan MYSQL.

Bunafit Nugroho, 2007, Trik Dan Rahasia Membuat Aplikasi Web Dengan Php, Penerbit Gava Media, Jogjakarta.

Eko Priyo Utomo, 2008, 125 Tips Menguasai Bahasa PHP, Penerbit C.V. Yrama Widya, Bandung.

Moch.Anwar., 1996, Ilmu Sharaf Terjemahan Matan Kailani dan Nazham Almaqsud Berikut Penjelasanya, Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Moch. Anwar, 1995, Ilmu Nahwu Terjemahan Matan al-Jurumiyah dan I’mrithy Berikut Penjelasannya, Penerbit Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

M. Safrodin, Dwi Wibowo, Ardath Prahara Setyan, & Widodo. (2023). Rekayasa Perangkat Lunak Pembelajaran Ilmu Nahwu Dasar Berbasis PHP Dan HTML. Jurnal Aplikasi Sistem Dan Teknik Informatika Pomosda (JASTIP), 1(02), 94–102. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/jastip/article/view/124

Most read articles by the same author(s)