Rancang Bangun Aplikasi Gudang Lumpang Pomosda Menggunakan MIT APP Inventor Berbasis Android

Authors

  • Jarwo Jr Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Anang Efendi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Deki Ismirawansyah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Aplikasi, Android, MIT App Inventor, Prototype, Input data

Abstract

UPT Lumpang Pomosda merupakan unit pelaksana teknis yang bergerak pada bidang pelayanan kebutuhan dan penyimpanan kebutuhan pangan Pomosda. Dalam proses pengawasan kebutuhan pangan pomosda masih belum optimal, maka tujuan penelitian ini untuk merancang aplikasi pada platform Android dengan menggunakan metode prototyping yang dapat memberi gambaran yang sudah jadi tetapi belum sempurna. Sehingga alat yang paling mudah digunakan adalah MIT APP INVENTOR sebagai sistem perangkat lunak berbasis web antarmuka grafis yang memungkinkan pengguna untuk drag and drop sebuah objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dioperasikan pada sistem Android. Perancangan sistem ini melewati berbagai proses yaitu menganalisis arus keluar masukya barang ke gudang penyimpanan, melakukan perancangan dan pembuatan proses desain tampilan program, pembuatan perancangan awal yang kemudian hasil akhir berupa aplikasi yang siap untuk dilakukan uji coba menggunakan ponsel bersistem operasi Android versi 10, 9.0, emulator BlueStack dan Ldplayer. Dari hasil pengujian tersebut aplikasi sudah terbukti dapat berjalan dengan baik.

Author Biographies

Jarwo Jr, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda

Anang Efendi , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda

Deki Ismirawansyah, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda

References

Danuri, M.(2019) Perkembangan dan Transformasi Teknolog Digital. Jurnal ilmiah infokam,15(2).

Haryanto, B., & Kurnaiwan. A. (2021). Implementasi Aplikasi Android Menggunakan App Inventor. Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM), 9(1).

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Science dan Informatika: Research od Science and Informatic, 4(1). 54-65).

Rumate, A. D., Najoan, X., & Sugiarso, B. A. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan dan Pelayanan Gereja. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(1), 1-6.

Sari, F. P. (2018). Aplikasi Sistem Informasi Pemesanan Koki Dan Masakan Rumahan Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, 1(2). 123-126.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Jarwo Jr, Anang Efendi, & Deki Ismirawansyah. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Gudang Lumpang Pomosda Menggunakan MIT APP Inventor Berbasis Android. Jurnal Aplikasi Sistem Dan Teknik Informatika Pomosda (JASTIP), 1(01), 22–33. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/jastip/article/view/47

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>