Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Di SMA Pomosda Nganjuk

Authors

  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Samsul Anam Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Keywords:

Kepemimpinan, Kinerja Guru, POMOSDA

Abstract

Abstrak

Pendidikan  di  Indonesia  belum  memadai  dan  mencapai  tujuan  yang  diharapkan. Bahkan dari segi Sumber Daya Manusia SDM)  pun  dinilai  belum  memadai  dan  jauh dari hal yang dinginkan. Setiap instansi pen-didikan dibutuhkan  instrumen  yang  dapat menunjang untuk meningkatkan kinerja dan kualitas  bangsa.  Menilai kinerja pegawai dapat dilakukan dengan mengukur secara kualitatif dan kuantitatif hasil kerja pegawai, yaitu dengan cara melihat prestasi dan kontribusi yang diberikan pegawai dalam bekerja.gaya kepemimpinan berpengaruh positif kuat dan signifikan terhadap kinerja guru di SMA POMOSDA.Peningkatan musyawarah akan menyebabkan pengaruh peningkatan terhadap kinerja pegawai. Dengan nilai koefisien korelasi yang didapat sebesar 0,614 yang berarti mempunyai pengaruh yang kuat dan nilai koefisien determinasinya sebesar 0,378. Persamaan yang didapat adalah Y= 14,962+ 0,336X. apabila Musyawarah(X) sama dengan nol (tidak ada), maka kinerja pegawai (Y) sebesar 14,962. Koefisien regresi positif (searah), sebesar 0,360 artinya, jika gaya kepemimpinan(X) meningkat sebesar 1 satuan, maka kinerja guru (Y) akan meningkat sebesar 0,360. Artinya, jika gaya kepemimpinan meningkat sebesar 0,360 maka kineja guru akan meningkat sebesai 0,360. hasil uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa T hitung >T tabel atau  4,474 > t tabel 2,037 dan nilai signifikansi < dari p value atau 0,00 < 0,005 yang artinya bahwa gaya kepmimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru.

Author Biographies

Agustin Sukarsono, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Samsul Anam, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Agustina, Rahmi., dan Sulaiman. 2013. Hubungan Motivasi dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Guru pada SMA Negeri di Kabupaten Pidie. Sains Riset Volume 3 - No. 1, 2013, hlm. 1-10.

Susanti, Aries. 2012. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Karyawan Di PLN APD Semarang (Jurnal Skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Agustin Sukarsono, & Samsul Anam. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Di SMA Pomosda Nganjuk. Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 1(02), 61–68. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/102

Most read articles by the same author(s)