Pengembangan Kemasan Baso Aci Tata Snack Menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment)

Authors

  • Mohammad Aulia Fathir Fauzul Universitas Kadiri Kediri
  • Imam Safi’i Universitas Kadiri Kediri
  • Silvi Rushanti Widodo Universitas Kadiri Kediri

Keywords:

Baso aci, Improvement, Packaging, QFD

Abstract

Abtrak

Penelitian ini membahas pentingnya packaging dalam menjaga kualitas dan keamanan produk, dengan fokus pada pengembangan packaging bakso aci. Metode QFD digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan karakteristik produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan pelanggan termasuk menjaga kelembaban, segel yang aman, informasi penyajian, mencegah produk palsu, dan melindungi dari sinar UV. Solusi teknis termasuk meningkatkan kedap udara, membuat seal yang aman, memberikan informasi lengkap, fitur QR, dan perlindungan dari sinar UV. Prioritas tertinggi adalah packaging yang menarik perhatian, sementara informasi brand memiliki prioritas terendah. Penelitian ini menunjukkan bahwa QFD adalah metode efektif untuk mengembangkan packaging bakso aci yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

Author Biographies

Mohammad Aulia Fathir Fauzul, Universitas Kadiri Kediri

Program Studi Teknik Industri Universitas Kadiri Kediri

Imam Safi’i, Universitas Kadiri Kediri

Program Studi Teknik Industri Universitas Kadiri Kediri

Silvi Rushanti Widodo, Universitas Kadiri Kediri

Program Studi Teknik Industri Universitas Kadiri Kediri

References

Lenaini, I. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah 6(1):33–39.

Maharani, S., and M. Bernard. 2018. “Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(5):819–26.

Meyliana, Anastasia. 2018. “Pengukuran Kualitas Situs Jual Beli Online Menggunakan Metode WebQual.” Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) 4(1):14–20. doi: 10.31294/ijse.v4i1.6232.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Mohammad Aulia Fathir Fauzul, Imam Safi’i, & Silvi Rushanti Widodo. (2023). Pengembangan Kemasan Baso Aci Tata Snack Menggunakan Metode QFD (Quality Function Deployment). Jurnal Teknik Dan Manajemen Industri Pomosda (JTMIP), 1(02), 85–90. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/jtmip/article/view/117