PENERAPAN DMAIC TERHADAP KUALITAS PRODUK TEMPE JAPO (Studi Kasus Pada UPT. MAKARTI POMOSDA Tanjunganom, Nganjuk)

Authors

  • Elsa Lailatul Azizah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Bakti Yulisar Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Yuli Minartiwi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Reliability, Maintainability, FMEA

Abstract

Penelitian ini difokuskan kepada pengukuran dan menganalisa alat medis melalui data kerusakan dan perbaikan alat medis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan keilmuan dan teknologi di bidang alat kesehatan. Pada saat ini reliability dan maintainability merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan kualitas dari suatu produk, tidak hanya di bidang industri tapi juga di bidang peralatan medis. Penelitian ini merupakan suatu studi kasus yang menguraikan tentang analisis reliability dan maintainability terhadap mesin-mesin kritis pada alat medis di RSUD Jombang. Hal ini sangat penting untuk menentukan strategi pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen. Penelitian ini menggunakan data kegagalan dan perbaikan sebagai parameter. Untuk meminimalisasi kegagalan produk dilakukan identifikasi potensi kegagalan produk yang dapat menentukan dan memutuskan beberapa tindakan pencegahan dengan menggunakan metode failure mode and effect (FMEA). Analisis dilakukan pada tiap subsistem untuk menghitung karakteristik sistem pemeliharaan, seperti: keandalan, laju kegagalan, waktu rata-rata antar kegagalan, ketersediaan, biaya kegagalan, biaya preventif, dan waktu antar penggantian komponen untuk meminimalkan biaya kehilangan produksi dan biaya pemeliharaan.

Author Biographies

Elsa Lailatul Azizah, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Bakti Yulisar, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

Yuli Minartiwi , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Danang, Sunyoto. (2017). Manajemen Pemasaran. Yoyakarta : Buku Seru.

Windarti, Tanti. 2017. Pengendalian kualitas untuk meminimalisir produk cacat pada proses produksi besi beton di PT.X ( Selasa, 08-05-2018. 14.30).

Kotler, Philip dan Kevin Keller. (2017). Dasar – dasar Pemasran, Jilid I alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta : Erlangga.

Muhaemin, Achmad. 2017. Analisis pengendalian produk dengan metode six sigma pada harian tribun timur, PT. Indopersda Primamedia (Persda Network). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanudin. Makasar. ( Selasa, 08-05-2018. 14.30).

Susetyo, Joko, Winarni dan Catur Hartanto. (2017). Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen Sebagai Metode Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk Di PT. Mondarin. ( Selasa, 08-05-2018. 14.45).

Widiawati, Sri, Sebtian Assyahlafi. (2017). Perbaikan Produktivitas Perusahaan Rokok Melalui Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Six Sigma. ( Selasa, 08 Mei 2018. 14.49).

Downloads

Published

2020-11-17

How to Cite

Elsa Lailatul Azizah, Bakti Yulisar, & Yuli Minartiwi. (2020). PENERAPAN DMAIC TERHADAP KUALITAS PRODUK TEMPE JAPO (Studi Kasus Pada UPT. MAKARTI POMOSDA Tanjunganom, Nganjuk). CYBER-TECHN, 14(02), 140–149. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/168

Most read articles by the same author(s)