OPTIMALISASI BEBAN KERJA DENGAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) PADA STASIUN KERJA PENGEMASAN DI DIVISI MANUTTA GOLD (Studi Pada UPT. Makarti POMOSDA, Tanjunganom, Nganjuk)

Authors

  • Ain Wahyu Rahmawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Erna Habibah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Bakti Yulisar Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Beban Kerja, Produktivitas, Efektif & Efisiensi

Abstract

Manutta Gold adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan pupuk organik cair dimana perusahaan tersebut menjual produk pupuk organik yang dipakai para petani dan masyarakat umum dimana harus berhadapan dengan pesaing-pesaing pupuk organik yang sudah eksis di pasaran. Selain itu, Di dalam pemasarannya, Manutta Gold memiliki kesulitan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk yang berdampak langsung kepada efektifitas penjualan tiap tahunnya. Pada penelitian ini digunakan metode pendekatan Work Load Analiysis yang digunakan untuk menganalisis elemen-elemen kegiatan beban kerja pada stasiun pengemasan. Dalam metode Work Load Analysis yang diamati dari sampling setiap bagian kerja, persentase produktif dan non produktif, performance rating, Allowance sampai dengan beban kerja. Dengan metode ini akan dapat diukur seberapa besar beban kerja pada satsiun kerja pengemasan. Hasil penelitian menunujukan beban kerja pada stasiun kerja pengemasan produk untuk operator bagian 1 sebesar 0,58 %, untuk operator bagian 2 sebesar 0,535%, untuk operator bagian 3 Sebesar 0,78%, operator bagian 4 sebesar 0,845 % dan operator bagian 5 sebesar 0,69 %. Angka tersebut menunjukan beban kerja terbesar berada pada elemen kerja operator bagian 1, dari hasil beban kerja yang didapat, karena hasil persentase diatas 100% maka disarankan penambahan karyawan pada operator bagian 1.

Author Biographies

Ain Wahyu Rahmawati, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Erna Habibah , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Bakti Yulisar, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Amin, Fathul, . 2017. Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Langsung Yang Optimal Dengan Menggunakan Metode Work Load Analysis. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Pambudi, Yuly Wahyu 2017. Analisis Beban Kerja Karyawan Dengan Metode Full Time Equivalent (Studi Kasus Ukm Unlogic Projeck). Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Wignjosoebroto, Sritomo, 2003, “Ergonomi, Studi Gerak dan waktu”,

Penerbit : PT. Guna Widya, Jakarta.

Yuliani, Rais Kusumasari. 2019..Analisa Kecacatan Produk Air Minum Dalam Kemasan Telaga Tanjung Dengan Pendekatan Six Sigma (Studi Kasus Pada Upt Makarti POMOSDA) Jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi POMOSDA Tanjunganom, Nganjuk.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Ain Wahyu Rahmawati, Erna Habibah, & Bakti Yulisar. (2022). OPTIMALISASI BEBAN KERJA DENGAN METODE WORK LOAD ANALYSIS (WLA) PADA STASIUN KERJA PENGEMASAN DI DIVISI MANUTTA GOLD (Studi Pada UPT. Makarti POMOSDA, Tanjunganom, Nganjuk). CYBER-TECHN, 16(01), 01–08. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/80

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>