ANALISA STRATEGI PEMASARAN PRODUK AKAR TANJUNG MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi kasus pada CV. MAKARTI POMOSDA)

Authors

  • Denny Kurniawati Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Rismayatul Husna Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda
  • Agustin Sukarsono Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Pemasaran Strategi Online dan Offline, Matriks IFE, Matriks  EFE, Matriks SWOT

Abstract

Pada perusahaan CV. MAKARTI terdapat produk akar tanjung yang memiliki strategi penjualan online dan offline kedua strategi tersebut belum mendapat perhatian di lingkungan masyarakat. Metode dalam peneletian ini menggunakan SWOT dengan tujuan menentukan strategi pemasaran perusahaan dan lebih meningkatkan promosi melalui media online. Objek penelitian ini adalah perusahaan minuman sehat (jamu) di Nganjuk Jawa Timur. Dengan metode SWOT bisa diketahui matriks IFE (Kekuatan dan Kelemahan) dan EFE (Peluang dan Ancaman) untuk menggunakan kekuatan sebagai peluang dan dianalisis melalui matriks IE dan setelahnya menggunakan metode SWOT sebagai usulan langkah yang diambil. Penelitian ini menghasilkan data dari penjualan online yang rendah dan penjualan offline yang tinggi dengan angka 2,992. Menggunakan kekuatan sebagai peluang dengan selalu pihak admin selalu aktif untuk meningkatkan pelanggan.

Author Biographies

Denny Kurniawati , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Rismayatul Husna , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda

Agustin Sukarsono , Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Industri STT Pomosda Nganjuk

References

Arafat, Lathif. 2018 “Faktor Eksternal Industri Pariwisata di Kota Padang dengan Pendekatan PASTEL Analysis” Program Studi Magister Managemen, Universitas Andalas. Sumatra Barat

Firmansah, Asmin. 2019 “Analisis Strategi Pemasaran Bubuk Kedelai Instan Marasake”. Program studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Tekhnologi POMOSDA. Nganjuk

Hartarto, Airlangga. 2020 “Making Indonesia 4.0”. Jurnal Kementrian Perindustrian. Jakarta

Hendra. 2019 “Penentuan Jenis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QPSM Pada UMKM Fashion di Kelurahan Penggilingan Berbasis Tekhnologi”. Jurnal ilmiah FIFO, Universitas Muhammadiyah. Jakarta

Laelasari, Sinta. 2018 “Analisis Pengembangan Strategi Pemasaran pada Usaha Kecil Sari Harum Kabupaten Bandung”. Program studi Ilmu Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Bandung

Mega, Mutiara. 2017 “Penilaian Kegiatan Pemasaran Berbasis Analisis SWOT Pada Salon Headquaarters Beauty Bar Palembang”. Program studi Admministrasi Bisnis, Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang

Mulyani, Yogiana dan Tatul Mahfud 2017 “Aplikasi Metode QSPM”. Program Studi Tata Boga Jurusan Perhotelan Politeknik Negri Balikpapan

Pasaribu, Hidayati Fauziah. 2018 “Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran pada PT. Arma Anugrah Abadi Medan”. Program studi Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negri Sumatra Utara. Medan

Rosita, Windy Mella dan Noneng R Sukatmadiredja. 2019 “Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Pada Perusahaan Kopi Lokal”. Program studi Managemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, STIE Mahardika. Surabaya

Santoso, Imam. 2016 “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QPSM”. Program studi Managemen Argoindustri, Universitas Brawijaya. Malang

Soepeno, Djurwati. 2019 “Penentuan Strategi Bisnis Pada Rimba Papua Hotel Dalam Menghadapi Persaingan di Timika”. Program studi Managemen Fakultas Ekonomi, Universitas Sam Ratulangi. Manado,

Sudrajat. 2019 “Strategi Pemasaran Seblak Kicimpring Berbasis Online dan Offline”. Program studi Fakultas Pertanian, Universitas Galuh. Ciamis Jawa Barat

Sukarsono, Agustin. 2019 "Penggunaan Analisis Space dan SWOT Untuk Menentukan Strategi Pemasaran pada Produk Bubuk Sari Kedelai dan Kacang Hijau Marasake.". Jurnal ilmu, Sekolah Tinggi Teknik Industri. Nganjuk Jawa Timur

Widayati, Kus Daru. 2018 “Implementasi SWOT Pemasaran Online dan Offline Pada PT. Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih, Bekasi”. Jurnal Akademi sekretari dan managemen bina sarana. Bekasi

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Denny Kurniawati, Rismayatul Husna, & Agustin Sukarsono. (2022). ANALISA STRATEGI PEMASARAN PRODUK AKAR TANJUNG MENGGUNAKAN METODE SWOT (Studi kasus pada CV. MAKARTI POMOSDA). CYBER-TECHN, 16(01), 19–28. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/82

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>