Web Scraping Dengan HTML DOM Untuk Pengumpulan Data NPSN Dari Website Data Referensi Kemendikbudristek (Studi Kasus Pada Situs PMB STT POMOSDA Nganjuk)

Authors

  • Ibnu Sodik Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Anang Efendi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Keywords:

Web Scraping, HTML DOM, NPSN

Abstract

Abstrak

Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi sudah menjadi kewajiban menyediakan sebuah sistem pendaftaran untuk memudahkan pengguna saat akan melakukan pendaftaran secara online. Dalam upaya pengembangan sistem pendaftaran mahasiswa baru secara online dibutuhkan sumber referensi sebagai rujukan agar memudahkan pengguna saat melakukan pengisian form pendaftaran. Web scraping adalah teknik atau proses yang digunakan untuk keperluan pengambilan informasi atau data dari sebuah website secara otomatis dan digunakan untuk keperluan tertentu. Dalam konteks ini, web scraping digunakan untuk mengumpulkan data NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dari website Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi). Untuk menyelesaikan masalah tersebut, peneliti menggunakan web scraping untuk mengumpulkan data npsn digabungkan dengan HTML DOM yang diterapkan pada form pendaftaran sistem Pendaftaran Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Teknologi Pondok Modern Sumber Daya At-Taqwa. Metode yang digunakan adalah metode Rapid Application Development (RAD) yang berfokus kepada proses pengembangan sistem yang cepat. Penelitian ini berhasil mengembangkan sistem pendaftaran mahasiswa baru, menggunakan data hasil scraping untuk ditampilkan pada form pendaftaran menggunakan HTML DOM, berhasil mengumpulkan semua data npsn kategori pendidikan menengah dengan jumlah total 41545 data yang ada pada situs data referensi kemendikbudristek dan berhasil menyimpan data hasil scraping kedalam bentuk database.

Author Biographies

Ibnu Sodik, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Anang Efendi, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

References

Deviacita, D., #1, A., Sasty, H., #2, P., Muhardi, H., Profesor, J., Nawawi, D. H. H., Laut, B., Tenggara, P., Pontianak, K., & Barat, K. (2019). Implementasi Web Scraping untuk Pengambilan Data pada Situs Marketplace. Jurnal SIstem dan Teknologi Informasi, 7(4).

Fauzia Putri, A., Manik, G., Nabila, F., & Chamidah, N. (2021). Implementasi Scraping Google Scholar Menggunakan HTML DOM Untuk Pengumpulan Data Artikel Dosen UPN Veteran Jakarta Berbasis Web.

Firdian, M. I., Darwiyanto, E., & Adrian, M. (2022). WEB SCRAPING DENGAN METODE HTML DOM UNTUK SITUS WEB PEMBUATAN API BERITA , Maulana Irfan Firdian1) Eko Darwiyanto2) , dan Monterico Adrian3).

Jasuma, A., Wijayanti, R., Febriani, S., Putro, S., Wisnu, S., Yulia, E., & Yudano, A. (2019). Analisis Data Dapodik Pada SMA ABC di Yogyakarta Sebagai Bagian Evaluasi Sekolah. Julyxxxx, x, No.x, 1–5.

Larassati, M., Latukolan, A., Arwan, A., & Ananta, M. T. (2019). Pengembangan Sistem Pemetaan Otomatis Entity Relationship Diagram Ke Dalam Database. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(4), 4058–4065. http://j-ptiik.ub.ac.id

Tueno, N. S., Tinggi, S., Bina, I. A., & Gorontalo, T. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN SISTEM APLIKASI DAPODIK DALAM PEMBAYARAN TUNJANGAN PROFESI GURU DI SMP NEGERI 2 KWANDANG. UBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, 7(1).

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Ibnu Sodik, & Anang Efendi. (2023). Web Scraping Dengan HTML DOM Untuk Pengumpulan Data NPSN Dari Website Data Referensi Kemendikbudristek (Studi Kasus Pada Situs PMB STT POMOSDA Nganjuk). Jurnal Aplikasi Sistem Dan Teknik Informatika Pomosda (JASTIP), 1(02), 79–86. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/jastip/article/view/122

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>