Penerapan Sistem Hotspot Wifi Pengguna Internet Menggunakan  Mikhmon Dan Mikrotik (Studi Kasus Pada SMP Pomosda, Tanjunganom, Nganjuk)

Authors

  • Filzam Ulil Aziz Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Anang Efendi Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk
  • Robiataul Adawiyah Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Keywords:

Hotspot, Mikrotik, Mikhmon, PPDIOO

Abstract

Internet merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Pemasangan perangkat jaringan Wi-Fi lebih fleksibel karena tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan media ke komputer. Kemudahan yang di tawarkan oleh internet hotspot menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna komputer yang menggunakan teknologi ini untuk mengakses jaringan komputer atau internet. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Sistem Hotspot Wifi Pengguna Internet Menggunakan Mikhmon Dan Mikrotik di lingkungan sekolah SMP POMOSDA. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode PPDIOO (Prepare, Plan, Design, Implement, Operate dan Optimize). Dengan menggunakan metode ini peneliti dapat dengan mudah menyusun alur skripsi yang di teliti. Hasil dari penelitian ini ialah jaringan internet yang berjalan di SMP POMOSDA menjadi lebih terkontrol setiap waktu, dengan dukungan dari aplikasi Mikhmon jaringan internet yang ada di SMP POMOSDA juga menghasilkan data yang lebih valid, contohnya besar bandwith yang digunakan setiap usernya, nama user yang menggunakan jaringan internet, dan waktu penggunaan internet. Serta dapat memblokir kapanpun waktunya jika santri menggunakan internet tidak pada waktunya.

Author Biographies

Filzam Ulil Aziz, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Anang Efendi, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda Nganjuk

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

Robiataul Adawiyah, Sekolah Tinggi Teknologi Pomosda

Program Studi Teknik Informatika STT Pomosda Nganjuk

References

Gustiawan, M., Yudianto, R. J., Pratama, J., & Fauzi, A. (2021). Implementasi Jaringan Hotspot Di Perkantoran Guna Meningkatkan Keamanan Jaringan Komputer. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 4(4), 244-247.

Misbahuddin, M. R., & Bahri, D. S. (2023). Implementasi Sistem Monitoring Hotspot Jaringan Komputer Menggunakan Mikhmon Dengan Metode Wireless Distribution System (Studi Kasus: Warkop Idol’s Sawangan Depok). Oktal: Jurnal Ilmu Komputer dan Sains, 2(03), 843-852

Pudhail, M., & Setiawan, R. (2023). Analisis Media Transmisi Data Unshield Twister Pair Dan Fiber Optik Pada Jaringan Komputer Di Pomosda. Cyber-Techn, 17(01), 80-89.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Filzam Ulil Aziz, Anang Efendi, & Robiataul Adawiyah. (2024). Penerapan Sistem Hotspot Wifi Pengguna Internet Menggunakan  Mikhmon Dan Mikrotik (Studi Kasus Pada SMP Pomosda, Tanjunganom, Nganjuk). Jurnal Aplikasi Sistem Dan Teknik Informatika Pomosda (JASTIP), 2(01), 9–15. Retrieved from https://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/jastip/article/view/139

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>